Labels

Wednesday, August 17, 2016

Taukah Kamu !!!! Hotel Terbesar Di Arab Saudi

https://infokahayan.blogspot.co.id/
https://infokahayan.blogspot.co.id/

Sebuah hotel terbesar di dunia akan dibuka di kota Mekkah, Arab Saudi tahun depan. Bangunan yang dinamai Abraj Kudai itu akan memiliki 10.000 kamar dan mencakup area seluas 1,4 juta meter persegi.

Selain kamar hotel, bangunan ini juga menyediakan 70 restoran, sebuah pusat perbelanjaan besar dan sebuah ruang serba guna yang sangat megah.

Bangunan ini juga memiliki 12 menara, 10 menara di antaranya akan digunakan sebagai hotel bintang lima dan dua lainnya untuk para tamu VVIP.

Menara tertinggi bangunan ini terdiri dari 45 lantai dan yang terpendek "hanya" diisi 30 lantai dengan dilengkapi setidaknya empat helipad. Pembangunan hotel raksasa ini dikabarkan menghabiskan biaya 2,7 miliar poundsterling atau hampir Rp 46 triliun.


Pembangunan hotel ini dibiayai Kementerian Keuangan Arab Saudi dan dirancang kelompok konsultan bangunan internasional Dar al-Handasah. Hotel megah ini dibangun sejauh dua kilometer dari Masjidil Haram, yang setiap tahun didatangi lima juta umat Muslim saat menjalankan ibadah haji atau umrah.

Nantinya, tak semua lantai dibuka untuk publik. Lima lantai hotel ini akan dikhususkan bagi keluarga kerajaan Arab Saudi yang hendak menginap di tempat itu. Terus berlanjutnya pembangunan gedung pencakar langit dan berbagai bangunan mewah di Mekkah mengundang kritik Irfan al-Alawi, direktur Yayasan Riset Peninggalan Islam.

"Semua disingkirkan untuk memberi ruang pembangunan hotel-hotel mewah yang justru menghancurkan kesucian kota itu dan semakin melambungkan biaya ibadah haji," kata Irfan seraya menyebut kota itu sebagai "Mecca-hattan" plesetan dari Manhattan, New York yang disesaki gedung pencakar langit.

"Ini bisa menjadi hari-hari terakhir Mekkah. Seharusnya ibadah haji menjadi sebuah ritual yang sederhana dan membutuhkan keteguhan. Namun kini orang biasa tak akan mampu lagi membiayai ibadah ke kota ini," tambah Irfan. Bangunan baru ini menambah panjang deretan gedung pencakar langit di kota Mekkah, termasuk Abraj Al-Bait Towers, yang dengan ketinggian 601 meter menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia.

No comments: