Labels

Thursday, August 4, 2016

Taukah Kamu!!!! Bawang Bombay Memiliki Rasa Buah Apel atau Pir

https://infokahayan.blogspot.co.id/
https://infokahayan.blogspot.co.id/
Bawang bombay ini dinamai Smile Ball alias bola senyuman, sebab bawang yang satu ini tak akan membuat air mata menetes jika dipotong.

Dilansir Oddity Central, Smile Ball adalah bawang bombay pertama di dunia yang tak membuat mata terasa pedih saat dipotong. Sebanyak 5 ton bawang Smile Ball telah diluncurkan ke pasar tahun ini. Walaupun begitu, Smile Ball belum bisa didapatkan di seluruh Jepang atau negara lain.


Smile Ball merupakan hasil temuan House Foods Group. Pada tahun 2002, para ilmuwan dari perusahaan ini menerbitkan makalah tentang bawang merah yang tidak membuat menangis saat diiris. Penelitian tersebut dianggap kocak, sampai memenangkan Ig Nobel Prize.

Penghargaan tersebut diberikan untuk berbagai penelitian dan penemuan yang dianggap konyol. Walaupun begitu, House Foods Group benar-benar mewujudkan visi mereka tentang bawang bebas air mata pertama di dunia beberapa tahun kemudian.

Penelitian selama lebih dari dekade yang dilakukan oleh para ilmuwan di sana berhasil menemukan cara untuk menekan syn-propanethial-S-oxide, senyawa yang merangsang produksi air mata. Senyawa ini terlepas ke udara saat bawang diriis.

Para ilmuwan berhasil menemukan formula yang tepat untuk menghilangkan senyawa tersebut tanpa mengubah rasa dan kandungan gizi dalam bawang. Menurut klaim House Foods Group, bawang akan terasa manis seperti apel atau pir Nashi jika dimakan mentah-mentah.

Produk baru ini baru tersedia di seluruh supermarket Jepang pada musim gugur nanti. Sayangnya harga Smile Ball cukup mahal, yaitu 450 yen atau setara Rp 57 ribu. Harga tersebut setara dengan dua buah bawang bombay biasa.

No comments: