Labels

Wednesday, August 31, 2016

Kominfo Menggulirkan Program Gratis Satu Juta Domain


Untuk mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia agar bisa segera go online, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) talah menggulirkan program gratis satu juta domain.

Direktur e-Business Kominfo, Azhar Hasyim, menyampaikan, program satu juta domain untuk pelaku UMKM ini ditargetkan bisa tercapai pada 2018 dengan rincian 350.000 domain di 2016, 350.000 domain di 2017, dan 300.000 domain di 2018.

"Domain gratis ini akan diberikan selama setahun. Setelah itu diharapkan mereka sudah bisa mandiri untuk menjalankan usahanya secara online," ujar Azhar Hasyim di acara Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital tahap Ignition kedua, di Universitas Indonesia, Depok, Minggu (28/8).

Pelaku UMKM yang ingin mendapatkan fasilitas ini tinggal mendaftar secara online, atau melalui Dinas Kominfo dan Dinas UKM di daerah. Bagi pelaku UMKM yang belum menguasai penggunaan teknologi, disediakan pula 10-12 pendamping di masing-masing daerah.
"Ada 11 provinsi yang menjadi target utama, empatnya sudah menjalankan antara lain Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Setelah itu akan menyusul daerah-daerah lainnya," terang Azhar.

Melalui pemanfaatan teknologi untuk memasarkan produknya ini, diharapkan pendapatan para UMKM bisa meningkat tiga sampai empat kalipat seperti hasil kajian yang pernah dilakukan Kominfo. Sumber: beritasatu.com

No comments: