Labels

Friday, July 29, 2016

Taukah Kamu !!!! Pedang Katana Jepang

https://infokahayan.blogspot.co.id
Katana Jepang

Katana dipandang sebagai pedang paling hebat di masa lalu. Pedang ini sangat kuat hingga tidak mudah patah. Selain itu jika digunakan untuk menebas, pedang ini tidak akan nyangkut. Artinya meski musuh menggunakan baju armor, pedang ini akan mampu menembusnya dengan baik. Jadi samurai tidak akan khawatir pedangnya stuck di tempat.

Kemampuan pedang ini telah diakui di seluruh dunia. Bahkan banyak orang dari berbagai negara memesan pedang ini. Kehebatan katana membuatnya dipandang sebagai senjata pembunuh mengerikan. Bahkan sampai sekarang di era modern.

Katana adalah sebuah seni. Tidak bisa dibuat oleh siapa saja. Biasanya seni pembuatan katana diturunkan dari satu generasi ke generasi lain. Jika tidak ada generasi yang bisa membuatnya maka bisa dipastikan seni pembuatan pedang ini akan segera habis. Bahkan punah dan katana hanya ada dalam sejarah saja.

Saat ini pemerintah Jepang sedang berusaha membangkitkan seni ini. Karena katana adalah warisan budaya yang sangat hebat. Jika sampai habis maka Jepang akan kehilangan satu hal yang berharga. Seni pembuatan katana bukanlah seni yang bisa dipelajari dalam hitungan tahun.

Ada dua jenis katana yang saat ini banyak beredar di Jepang. Pertama adalah katana yang diproduksi secara massal. Katana ini biasanya banyak digunakan untuk souvenir hingga butuh supply yang banyak. Kedua adalah katana yang dibuat dengan teknik tinggi dan berseni. Biasanya hanya orang tertentu yang memilikinya.

Saat periode Edo menguasai Jepang. Katana yang telah dibuat biasanya diujikan pada mayat. Dengan begitu kemampuan tebasan katana dapat terlihat dengan jelas. Samurai akan melakukannya pada mayat dari musuh. Setelah lulus uji baru katana bisa digunakan untuk samurai dalam membela tuannya.

Praktik ini lambat laun ditinggalkan karena dianggap tidak beradab. Akhirnya katana hanya diujikan pada pohon atau benda lainnya.

Sekuat-kuatnya katana dan setajam-tajamnya katana pasti kehebatan itu akan menurun. Itulah mengapa ada seorang yang bertugas untuk mengasah kemampuan itu. Orang ini bekerja untuk melihat kerusakan pada pedang dan memperbaikinya tanpa mengubah fungsi awal pedang.


No comments: