Labels

Sunday, May 22, 2016

Tips & Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Tips & Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran, coba perhatikan beberapa tips berikut agar surat lamaranmu dilirik.
1. Jangan lupa lampiran-lampirannya
Hal yang paling penting saat melamar bukanlah suratnya, namun lampirannya, terutama daftar riwayat hidup atau curriculum vitae/CV.
2. Buat cover surat yang amat menarik
Setiap perusahaan mempunyai tugas dan pekerjaan yang sangat banyak, sehingga mereka akan sibuk memikirkan pekerjaannya masing-masing. Maka buatlah cover surat lamaranmu semenarik mungkin. Misalnya, dengan tulisan dan desain kertas yang tidak biasa.

3. Masukkan hal-hal yang paling penting
Sesuaikan surat lamaran dengan apa yang ingin perusahaan ketahui tentang kamu. Bukan apa yang kamu inginkan dari mereka. Karena apa yang perusahaan itu ketahui akan membawa nasibmu pada pekerjaan yang akan kamu dapat. Yakinkan pihak perusahaan dengan kemampuanmu di bidang pekerjaan yang kamu mau, lalu pastikan bahwa kamu akan menjadi aset bagi perusahaan mereka. Kemudian, hindari penulisan yang bertele-tele dan jangan sampai suratmu lebih dari satu halaman.
4. Jangan lupakan struktur baku
Struktur surat harus lengkap dan berurutan. Pertama, sertakan paragraf pembuka, menyebutkan sumber lowongan pekerjaan dan posisi yang diinginkan. Paragraf selanjutnya, menyebutkan kesanggupanmu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Kamu harus meringkas kualifikasimu yang berisi kemampuan, keterampilan, dan pengalaman. Paragraf selanjutnya tentang ketertarikanmu pada pekerjaan tersebut, dan diakhiri dengan paragraf penutup, sekaligus penyertaan lampiran-lampiran.
5. Buatlah seringkas dan sepadat mungkin
Sudah dibahas di atas, tapi perlu ditekankan lagi pentingnya membuat surat yang pendek. Perusahaan bisa menerima hingga ratusan surat lamaran setiap harinya. Permudah pekerjaan mereka dengan membuat surat lamaran yang ringkas namun padat. Untuk detail, mereka akan melihat CV kamu kok.
5. Cek kembali
Sebelum kamu mengirimkan surat lamaran, cek kembali segala kelengkapan dan bahasa yang digunakan. Jangan sampai ada salah ketik alias typo apalagi salah informasi. Surat lamaran kerja yang memiliki kesalahan ketik menunjukkan bahwa sang pelamar tidak perhatian akan hal-hal kecil. Sebuah nilai minus yang besar.

6. Jangan Lupa Berharap Penuh Kepada Tuhan Yang Maha Esa.


7. Restu Orang Tua.

8. Terakhir Ya Nasib Loe...



No comments: