Labels

Friday, August 26, 2016

Taukah Kamu!!! Benteng Terluas Di Dunia Dari Indonesia


Benteng identik sebagai bangunan khas Eropa. Namun benteng terluas di dunia, justru ada di Indonesia. Inilah Benteng Keraton Buton yang luasnya 22 hektar!

Cuma 3 kilometer dari pusat Kota Bau-bau di Sulawesi Tenggara, siap-siap terbelalak melihat benteng yang sangat luas. Dinding-dindingnya masih terawat baik. Beberapa meriam terlihat di tiap sudut.

Benteng itu bernama Benteng Keraton Buton yang menjadi kebanggaan masyarakat Bau-bau, Buton dan Sulawesi Tenggara sendiri. Sebab benteng ini masuk dalam sejarah dunia sebagai benteng terluas sedunia!
Usut punya usut, benteng yang kemudian disebut dengan nama Benteng Keraton Buton dibangun atas bantuan Belanda. Kala itu, Belanda memang membangun mitra yang baik dengan Kesultanan Buton karena wilayah perairan Buton adalah pintu masuk ke Maluku untuk mencari rempah-rempah.

"Ada beberapa fakta unik saat benteng ini dibangun. Seperti perekat batu-batunya yang berasal dari gunung menggunakan putih telur. Saat benteng dibangun, musim kelaparan luar biasa dahsyat tapi tidak ada yang meninggal. Saat itu juga tidak ada orang yang kawin," papar Adam.

"Fungsi benteng ini adalah sebagai tempat tinggal penduduk dan raja serta kepala-kepala adat. Mereka tinggal di dalam sini sebagai tempat perlindungan dari serangan bajak laut dan dapat melihat kapal-kapal apa saja yang melintas karena lokasinya di ketinggian. Hingga kini terdapat 700 KK (Kepala Keluarga) yang masih tinggal di dalam Benteng Keraton Buton," papar Adam panjang lebar.

Selain sebagai tempat tinggal, pemerintah Buton dan Bau-bau tentu saja menjaga Benteng Keraton Buton sebagai destinasi wisata yang bersejarah. Caranya dengan merawat beberapa situs peninggalan di dalamnya. Sumber: detik.com

No comments: